Thursday, March 30, 2017

Beli Bitcoin di Indonesia

Bitcoin adalah salah satu penemuan paling fenomenal di era digital ini. Uang digital yang ditemukan oleh seseorang bernama samaran Satoshi Nakamoto ini tidak hanya menjadi “konsumsi” para maniak IT, tapi juga menjadi perhatian para investor, pedagang, ekonom, aktivis, politisi, dan masyarakat umum. Mereka memiliki motivasi yang beragam dalam menggunakan Bitcoin, mulai dari motif ekonomi hingga ideologis. Namun, apa pun motivasinya, penggunaan Bitcoin telah menjadi semakin lumrah di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.
Perkembangan Bitcoin di Indonesia memiliki potensi yang cukup besar.
Lalu, di manakah kita bisa membeli Bitcoin di Indonesia?
Ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi untuk membeli Bitcoin secara langsung di Indonesia. Namun, di antara berbagai situs yang timbul tenggelam, ada tiga situs ternama yang layak menjadi pilihan Anda. Simak ulasan singkat berikut.

1. Bitcoin Indonesia


Bitcoin Indonesia adalah tempat jual-beli Bitcoin yang populer di Indonesia dan memiliki lebih dari 50.000 anggota. Bitcoin Indonesia mengklaim memiliki keunggulan dalam proses yang cepat, pelayanan pelanggan 24 jam, metode pembayaran yang beragam, dan prioritas keamanan.
Untuk membeli Bitcoin secara online, Anda dapat mengunjungi bitcoin.co.id. Setelah melakukan registrasi dan mengonfirmasi email, Anda bisa mulai melakukan transaksi. Pertama-tama, Anda perlu melakukan deposit Rupiah ke rekening milik Bitcoin Indonesia. Ada beberapa metode transfer yang bisa Anda pilih, misalnya menggunakan voucher, tunai, transfer bank (BCA, Mandiri, BRI, Sinarmas, CIMB Niaga, dan bank lainnya), atau menggunakan e-wallet. Setelah Anda memiliki saldo Rupiah, Anda dapat segera menggunakannya untuk membeli Bitcoin. Masuk ke Market Bitcoin, lalu masukkan jumlah Rupiah dan harga yang diinginkan.
Selain menyediakan tempat untuk melakukan jual-beli Bitcoin, Bitcoin Indonesia juga memberikan layanan lain seperti forum, blog, chat room, aplikasi Android, program afiliasi, serta aktivitas di dunia nyata. Pada tahun 2014 lalu, Bitcoin Indonesia telah memasang ATM Bitcoin pertama di Indonesia di Bali. Meski belum bisa digunakan untuk menarik uang secara langsung, tetapi ATM ini sudah dapat digunakan untuk membeli Bitcoin dengan minimal transaksi pembelian sebesar Rp10.000. Sempat pula beredar kabar bahwa Bitcoin Indonesia bekerja sama dengan Indomaret agar pelanggan bisa membeli Bitcoin di waralaba tersebut. Sayangnya, kabar ini ternyata tidak benar dan hanya kesalahpahaman belaka.

2. LocalBitcoins

Tempat lain untuk membeli Bitcoin adalah melalui Local Bitcoins. Meski penyedianya bukan perusahaan yang bertempat di Indonesia, LocalBitcoins menyediakan layanan untuk membeli Bitcoin secara lokal, termasuk di berbagai kota di Indonesia. Di LocalBitcoins, Anda dapat melakukan jual-beli Bitcoin dengan manusia lain secara langsung, bahkan Anda dapat melakukan kopdar dan membayar secara tunai. Model ini diklaim lebih cocok dengan semangat dan sifat Bitcoin yang ter-desentralisasi.
Setelah melakukan pendaftaran, Anda dapat memilih pembelian Bitcoin, memasukkan jumlah Rupiah, memilih lokasi kota dan negara, dan menentukan metode pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan secara online lewat deposit, MoneyPak, Western Union, Paypal, Moneygram, dan transfer bank; ataupun secara tunai. Setelah itu, akan muncul daftar penawaran dari para penjual yang terdaftar. Anda dapat memilih penawaran dengan harga terendah reputasi yang baik. Setelah memilih penjual yang cocok, Anda dapat mengirim pesan kepada penjual tersebut dan menentukan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli. Setelah melakukan pembayaran lewat metode yang telah Anda pilih, Anda harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu agar Bitcoin yang Anda beli dapat ditransfer.

3. Luno


Luno adalah penyedia jasa jual-beli Bitcoin berbasis mobile yang kini telah mendukung transaksi dengan mata uang Rupiah secara langsung. Untuk menggunakan Luno dalam bahasa Indonesia, Anda dapat mengunjungi https://www.luno.com/. Lewat situs bernuansa modern ini, Anda bisa melakukan pembelian Bitcoin secara instan.
Pembelian Bitcoin secara instan adalah fitur yang disediakan Luno agar Anda dapat membeli Bitcoin secara mudah dan cepat. Hal ini sesuai dengan moto Luno, yaitu “Bitcoin made easy”. Anda hanya perlu memilih mata uang Anda (Rupiah), menentukan jumlahnya, dan menekan tombol. Fitur ini sangat cocok bagi pemula yang tidak ingin dibuat pusing berbagai penawaran dari para penjual. Namun bila Anda ingin lebih bebas dalam memilih harga dan penawaran, Anda dapat menggunakan fasilitas Limit Buy yang lebih kompleks.
Untuk mata uang Rupiah di Luno, penarikan lewat transfer bank dikenakan biaya Rp25.000, sementara deposit Rupiah dapat dilakukan lewat lalu lintas giro tanpa biaya tambahan.
Selain melalui tiga situs rekomendasi di atas, Anda juga dapat mencari penjual Bitcoin di forum-forum yang mulai menjamur. Tentu saja, Anda harus ekstra hati-hati sebelum memutuskan untuk membeli Bitcoin secara mandiri. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan medium lain seperti ATM Bitcoin meskipun jumlahnya masih sangat sedikit. Selain ATM dari Bitcoin Indonesia yang sudah disebutkan di atas, situs Coin ATM Radar juga menunjukkan bahwa ATM Bitcoin dari BitXatm telah terpasang LTC-Glodok GF 1.
Dengan semakin banyaknya pengguna Bitcoin dan prospek investasinya yang semakin menggiurkan, kita dapat berharap bahwa jual-beli Rupiah dan Bitcoin akan semakin mudah di masa depan

No comments:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung, untuk informasi bisa hubungi saya, nomor handphone: 085641782225 / 0823000063063
whats app: +6285641782225

grup FACEBOOK: https://www.facebook.com/groups/840343149403452/?fref=ts