Wednesday, March 21, 2018

Lagu Bertema Bitcoin Telah ada Sejak Lama

Bitcoin tentu sudah banyak dimengerti dan dipahami sebagai sebuah mata uang digital berbasis kripto, namun bitcoin juga telah dipahami sebagai media pembebasan. Ekosistem bitcoin pun cukup beragam, dengan karakter pengguna yang berbeda-beda. Mulai dari pengguna aktif dan pasif, trader dan para spekulan, aktivis libertarian, politisi, maupun juga dari kalangan pengusaha yang ikut berkecimpung mengembangkan layanan-layanan pihak ketiga di dunia bitcoin dan kripto secara umum.






Begitu pluralnya ekosistem komunitas yang telah terbentuk di dalamnya, sehingga masing-masing kelompok di komunitasnya juga mempunyai interpretasi yang berbeda dalam memandang bitcoin. Ada yang memandang sebagai sebuah salah satu mata uang, aset atau komoditas, penyimpan aset, ataupun juga salah satu bentuk aturan hukum baru yang berbasis protokol-protokol digital tanpa celah.
Salah satu aspek yang tidak bisa terlepas, adalah nafas-nafas libertarian yang mengalir di dalamnya. Semangat-semangat tersebut juga tercurahkan dalam berbagai macam karya, baik lagu, obyek-obyek seni berbentuk bitcoin fisik, dan lain-lain.
Secara tidak langsung ekosistem dalam komunitas bitcoin juga telah membentuk budayanya sendiri. Bitcoin mulai makin banyak menarik perhatian para penikmat seni, baik dari kalangan artis, penyanyi terkenal ataupun pencipta lagu, akademisi, dan lain sebagainya.
Dalam dunia lagu misalnya, telah banyak juga hasil karya cipta lagu bertema bitcoin yang telah muncul sejak lama. Edukasibitcoin pun mulai banyak mencari sekian banyak karya lagu yang telah muncul tersebut.
  1. Bitcoin Song – Jamie Shelly (2011)
Pertama kali di publikasikan di Youtube pada tanggal 1 Juli 2011 oleh Jamie Shelly.
  1. Love You Like A Bitcoin (2012)
Lagu ini menggubah lagu “I Love You Like A Love Song” dari Selena Gomez di tahun 2011. Lirik lagu lagu itu kemudian digubah ulang oleh Tuxavant ini dengan bertema Bitcoin dan mulai dipublikasikan sejak November 2012.
Hasilnya, cukup menarik untuk disimak. Tidak sedikit pula yang memberikan komentar tentang lagu itu, menilai bahwa gubahan pada lagu itu justru lebih baik dari versi aslinya. Yang cukup menarik lagi, Address donasi pada lagu tersebut pun dikabarkan telah mendapat donasi hingga 10 bitcoin lebih. Banyak orang kemudian berangan andaikan mereka telah mendengar lagu itu sejak bertahun-tahun lalu.
  1. Bitcoin Fever – 2013
Lagu ini pada dasarnya gubah ulang dari OST film James Bond. Pertama kali dipublikasikan di Kathrynandnick.com saat itu, bercerita tentang popularitas bitcoin dan pro kontra yang sudah muncul.
  1. The Bitcoin Song – Tatiana Moroz, 2013
Lagu ini dibuat oleh Tatiana Moroz, dan pertama kali dibawakan dalam sebuah event LaBitConf 2013 di Argentina. Forum konverensi itu adalah event pertama komunitas bitcoin di Amerika Latin yang pernah digelar.
  1. Bitcoin Here – 2013
Dipublikasikan oleh Zhou Tonged, lagu ini berbeda dengan beberapa lagu lain diatas, karena yang ini dengan genre HipHop.
  1. Bitcoin Barbarians – Elaine Diane Taylor (2013)
Diciptakan oleh Elaine Diane Taylor di tahun 2013, lagu tersebut terinspirasi setelah membaca Keiser Report tentang naik daunnya dunia bitcoin dan cryptocurrency saat itu. Lirik-liriknya menggambarkan bitcoin seperti kaum barbarian yang tengah masuk di arena perang dan siap untuk memporak-poranda serta mengambil alih kerajaan Roma.
  1. Cryptocurrency – Bitcoin Song (2014)
Diciptakan dan dipublikasikan pertama kali pada 28 Januari 2014 oleh 13inlet. Salah satu yang paling menarik dalam lagu ini, adalah lirik terakhir di lagu itu. “Money should be free. It should be…”
  1. The Bitcoin Song – Ohio Toast Ska Man (2014)
Lagu bertema bitcoin ini dibikin menjadi salah satu lagu bitcoin bergenre Jazz. Dibuat oleh Ohio Toast Ska Man, dan aransemen lagu karya Aled Thomas. Lagu tersebut kemudian pertama kali dipublikasikan pada 30 Oktober 2014 oleh Drokonomiyaki di Youtube.
Jika anda mendengarnya, lagu tersebut menjadi lagu paling apik yang pernah dibuat dengan bertemakan bitcoin. Alunan musik dan suara yang khas, serta genre Jazz membuat lagu itu cukup enak didengar, terutama jika anda pecinta musik-musik klasik dan old style.
  1. Blockchain Party – ZhouTonged & Tatiana Moroz (2016)
Lagu tersebut sebetulnya berniat untuk mengajak ikut serta bitcoiner dalam sebuah event yang digelar di New York pada tanggal 2 Mei 2016 bertajuk “Making Blockchain Music”. Masih tetap konsisten di jalur genre HipHop, ZhouTonge kemudian membuat ide untuk membuat komunikasi live dengan Tatiana Moroz menjadi sebuah lagu.
  1. Bitcoin Song – TeamCrypto (2017)
Lagu ini dirilis dan dipublikasikan 19 Nopember 2017 lalu oleh TeamCrypto. Aransemen dan suara yang enak, menjadikan lagu ini juga bisa dinikmati.
Lagu bertema bitcoin diatas, mungkin hanyalah sederet lagu saja dari sekian banyak lagu lain yang pernah muncul. Dalam hal ini, tentu kita telah melihat bahwa bitcoin ternyata telah membentuk budayanya sendiri. Bagaimana, anda berkeingingan untuk berkancah dan membuat lagu bitcoin anda sendiri?


sumber: https://edukasibitcoin.com/lagu-bertema-bitcoin-telah-bermunculan-sejak-lama/

No comments:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung, untuk informasi bisa hubungi saya, nomor handphone: 085641782225 / 0823000063063
whats app: +6285641782225

grup FACEBOOK: https://www.facebook.com/groups/840343149403452/?fref=ts