Sunday, October 14, 2018

Kematangan Pasar Bitcoin Sama Seperti Saham, Minyak Atau Obligasi

Bitcoin sudah cukup matang, seperti halnya pasar saham, minyak ataupun obligasi.
Kematangan Pasar Bitcoin
Hasil penelitian baru yang diterbitkan di salah satu jurnal ilmiah terkenal menunjukkan bahwa kematangan pasar bitcoin saat ini telah setara seperti halnya pasar saham, minyak, dolar, maupun obligasi.
Riset tersebut dilakukan oleh Stanisław Drożdż, Robert Gȩbarowski, Ludovico Minati, Paweł Oświȩcimka, dan juga Marcin Wa̧torek. Hasil penelitiannya kemudian dipublikasikan di jurnal Chaos: An Interdisciplinary Journal of Nonlinear Science. Di terbitkan pada 20 Juni lalu dengan judul “Bitcoin market route to maturity? Evidence from return fluctuations, temporal correlations and multiscaling effects”.
Berdasarkan dari hasil riset tersebut, menunjukkan bahwa investasi di dalam bitcoin, maupun beberapa varian kripto populer lain dianggap dapat diandalkan daripada yang diperkirakan sebelumnya. Para penulis di riset tersebut melihat kecenderungan harga Bitcoin antara tahun 2012 hingga bulan April 2018.
Setelah melakukan analisis grafik harga Bitcoin, awalnya para penulis tidak menemukan hal yang krusial selain volatilitas harga. Namun penulis menyadari bahwa ada kecerobohan saat melakukan analisa. Hal tersebut terkait dengan dua tahun periode yang dianalisis.
Salah satu hal yang paling menentukan kesalahan itu adalah karena periode itu dianggap sebagai sebuah pasar baru yang membentuk dirinya sendiri. Hingga kemudian para penulis di penelitian itu menyadari bahwa Bitcoin mengikuti tren pasar yang sama seperti halnya mata uang fisik (fiat).
Penulis kemudian menemukan bahwa tingkat return akan berfluktuasi berdasarkan “cubic law”. Terkait dengan hal ini, cubic law mengacu pada metode penilaian kematangan pasar (maturity market).
Hasil yang diperoleh, “kematangan pasar bitcoin sangat jelas terlihat dalam enam bulan terakhir”, tegas para penulis. Kematangan pasar bitcoin ini, sama seperti yang ada pada pasar pada umumnya, seperti pada bursa saham, dolar, minyak, atau juga obligasi.

No comments:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung, untuk informasi bisa hubungi saya, nomor handphone: 085641782225 / 0823000063063
whats app: +6285641782225

grup FACEBOOK: https://www.facebook.com/groups/840343149403452/?fref=ts