Tuesday, November 27, 2018

Bayar Pajak Dengan Bitcoin, Sudah Bisa Diterima Ohio



Negara bagian AS, Ohio, menjadi negara bagian AS pertama yang menerima pembayaran pajak dengan Bitcoin. Dikabarkan dari WallStreet Journal hari Minggu lalu, bahwa perusahaan-perusahaan di wilayah tersebut sudah bisa menggunakan Bitcoin untuk membayar pajak.
Beberapa pembayaran pajak tersebut seperti pajak penjualan tembakau, ataupun pembayaran pajak untuk utilitas umum di Ohio. Untuk tujuan bayar pajak dengan Bitcoin tersebut, wajib pajak hanya perlu untuk mendaftarkan diri di sebuah portal khusus bernama OhioCrypto.com.
Portal khusus ini merupakan sebuah prortal khusus yang menghubungkan dengan Kantor Penerimaan Pajak di Ohio. Selanjutnya wajib pajak tinggal memasukkan detil rincian pajaknya beserta total jumlah pajak dan periode pajak yang hendak dibayarkan.
Setelah semuanya dilengkapi, wajib pajak tinggal melakukan pembayaran menggunakan mata uang bitcoin melalui beberapa wallet yang ada, seperti Bitcoin Core, Mycelium, ataupun varian wallet Bitcoin lainnya, seperti yang dituliskan di Coindesk, hari ini.

Proses bayar pajak dengan Bitcoin di Ohio ini dapat dilakukan karena proses pembayarannya langsung menggunakan prosesor pembayaran milik BitPay. Sehingga secara otomatis, pembayaran yang dilakukan dengan Bitcoin itu secara otomatis akan dikonversi menjadi mata uang dolar. Dan setelah itu tinggal dikirimkan langsung di kantor penerimaan pajak.
Dengan inisitif itu, menjadikan Ohio sebagai negara bagian AS pertama yang menerima Bitcoin untuk membayar pajak. Meskipun untuk saat ini, fitur pembayaran pajak dengan Bitcoin tersebut masih diberlakukan untuk kalangan bisnis semata.
Meski demikian, ada kemungkinan besar, bahwa wajib pajak non badan di Ohio juga akan bisa membayar pajaknya dengan Bitcoin di masa mendatang. Inisiatif pembayaran pajak dengan Bitcoin ternyata sudah pernah digagas beberapa bulan lalu.
Beberapa negara bagian AS lain yang pernah menggagas hal serupa adalah Illinois dan juga Arizona. Di Illinois misalnya, inisiatifnya sudah pernah dilontarkan oleh pihak legislatif pada pertengahan bulan Februari. Sedangkan di Arizona pernah diajukan pada bulan Maret 2018.
Tidak hanya untuk penerimaan pembayaran pajak, di Ohio nampaknya juga kian serius dalam meregulasikan Bitcoin dan cryptocurrency, serta teknologi Blockchain. Pemangku kebijakan di Ohio pun siap untuk menjadikan wilayahnya sebagai wilayah yang ramah dengan teknologi blockchain.

No comments:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung, untuk informasi bisa hubungi saya, nomor handphone: 085641782225 / 0823000063063
whats app: +6285641782225

grup FACEBOOK: https://www.facebook.com/groups/840343149403452/?fref=ts