Saturday, January 14, 2017

Cara Menambang Litecoin (2017)

Cara Menambang Litecoin

Litecoin adalah mata uang kripto (cryptocurrency) seperti Bitcoin, namun dengan proses algoritme "Scrypt" yang berbeda. Proses algoritme ini awalnya memudahkan pengguna komputer pribadi untuk menambang Litecoin, namun mesin penambang ASIC kini bisa memproses algoritme Scrypt, sehingga tanpa investasi yang besar, Anda akan semakin sulit untuk mulai menambang. Namun demikian, jika Anda tetap ingin mencoba menambang, Anda bisa memulai dalam semalam, dan jika Anda bergabung dalam pertambangan, Anda bisa menghasilkan Litecoin dengan segera.

1
Sebelum Memulai

  1. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 1

    1.Pahami dasar-dasar penambangan mata uang kripto. Mata uang tradisional dicetak untuk meningkatkan jumlah yang yang beredar, namun mata uang kripto seperti Litecoin dihasilkan oleh mesin yang memecahkan algoritme kompleks. Setelah satu "blok" algoritme selesai diproses, mata uang akan dirilis ke pasar, sebagai upah bagi penambang yang menyelesaikan "blok" tersebut.[1]
    • Algoritme penambangan akan semakin sulit seiring banyaknya mata uang yang ditambang. Hal ini dirancang untuk mencegah seluruh mata uang ditambang dengan cepat. Efek sampingnya, semakin lambat Anda menunggu untuk menambang, semakin kecil pula kemungkinan Anda bisa menyelesaikan blok sendiri.
    • Pertambangan dibuat untuk membantu penambang mendapat uang dari penambangan. Pertambangan mengarahkan seluruh kemampuan proses dari peserta untuk menyelesaikan blok kriptografi, dan jika blok berhasil diselesaikan oleh salah satu peserta, seluruh peserta akan mendapat bagi hasil. Dengan bergabung ke pertambangan, hasil yang Anda terima memang lebih sedikit, namun kemungkinan Anda mendapat hasil akan lebih besar.
  2. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 2

    2.Pertimbangkan alternatif lain untuk mendapat mata uang kripto selain menambang. Sebenarnya, kecuali Anda tidak perlu membayar listrik dan tidak peduli akan masa hidup komputer rumah Anda, atau Anda mau berinvestasi ribuan dolar untuk membeli mesin penambang khusus, Anda tidak perlu menambang Litecoin, cukup membelinya. Biaya listrik untuk menambang 24 jam seringkali lebih dari hasil tambang, terutama jika Anda menggunakan komputer rumah, dan menambang mata uang kripto akan membebani komputer Anda.[2]
    • Menambang Litecoin akan semakin sulit seiring waktu, sesuai dengan prinsip utama penambangan mata uang kripto. Artinya, Anda akan semakin sulit mendapat keuntungan, kecuali harga Litecoin naik secara signifikan.
    • Jika Anda menambang Litecoin sebagai investasi spekulatif, atau untuk digunakan sebagai metode pembayaran, lebih baik Anda membeli Litecoin langsung, alih-alih menambang.
  3. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 3

    3.Belilah komputer khusus penambangan. Di dunia mata uang kripto, komputer khusus ini dikenal dengan nama "rig". Untuk menambang secara efektif, Anda harus memiliki komputer dengan dua kartu grafis. Idealnya, miliki komputer dengan 4-5 kartu grafis. Anda bisa membeli komputer tersebut di internet, atau merakitnya sendiri, meskipun merakit komputer penambang ini lebih merepotkan dari merakit komputer biasa.
    • Belilah RAM sistem sejumlah RAM yang dimiliki kartu grafis.
    • Rancanglah pendingin khusus agar komputer tahan lama.
  4. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 4

    4.Pertimbangkan untuk membeli mesin penambang ASIC Scrypt untuk meningkatkan kemampuan menambang. Mesin penambang yang efektif bisa jadi cukup mahal. Jika Anda ingin menghemat listrik, Anda juga bisa membeli mesin penambang rendah daya.[3]
    • Salah satu keuntungan dari mesin penambang Scrypt adalah bahwa mesin tersebut bisa digunakan untuk menambang mata uang kripto berbasis Scrypt lain yang lebih menguntungkan dengan sedikit perubahan.
    • Anda bisa membeli penambang ASIC USB dan menyambungkannya ke Raspberry Pi untuk menambang dengan sedikit listrik.
    • Mesin penambang ASIC Scrypt laku dengan cepat, namun Anda bisa membelinya di situs seperti ZeusMiner (zeusminer.com) dan ZoomHash (zoomhash.com). Jika Anda ingin membeli model tertentu yang populer, Anda mungkin perlu menuliskan nama di daftar tunggu.
  5. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 5

    5.Perhitungkan keuntungan dari penambangan. Setelah memilih perangkat, lihatlah tren pasar Litecoin, dan perhitungkan berapa banyak koin yang harus Anda tambang untuk menutup biaya perangkat, listrik, dan internet. Jika Anda bisa membeli koin dengan jumlah yang sama atau lebih banyak dari hasil tambang, Anda sebaiknya membeli koin, alih-alih menambang.[4]
    • Misalnya, jika perangkat tambang Anda memiliki hash rate 200KH per detik (seperti kartu grafis menengah atas), memerlukan 600W listrik, biaya listrik yang Anda keluarkan adalah $0,1 per kWh, dan Anda menambang sendiri, biaya yang harus Anda keluarkan (pada Maret 2015) adalah $520. Modal Anda tidak akan kembali.

2
Mengatur Tambang

  1. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 6

    1.Dapatkan dompet Litecoin untuk menyimpan koin hasil penambangan atau koin yang Anda beli. Unduhlah Litecoin Wallet dari litecoin.org. Tersedia juga dompet Litecoin resmi untuk ponsel.
    • Unduh bootstrap.dat di sini. Berkas ini akan mempercepat proses sinkronisasi dompet Anda, yang umumnya berlangsung selama 2 hari.
    • Enkripsi dompet Anda dengan mengeklik "Settings" → "Encrypt Wallet". Buatlah kata sandi dompet yang kuat.
  2. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 7

    2.Bergabunglah ke pertambangan. Pemula disarankan untuk bergabung ke berbagai pertambangan yang ada di dunia maya, alih-alih menambang sendiri. Saat Anda menambang sendiri, Anda mungkin bisa mendapat hasil yang besar saat menyelesaikan satu blok, namun kemungkinan Anda menyelesaikan blok tersebut sangatlah kecil. Pertambangan akan mengumpulkan sumber daya komputasi dari seluruh anggota untuk menyelesaikan blok, dan membagikan hasilnya pada seluruh peserta. Hasil yang Anda dapat dari pertambangan memang lebih sedikit dibanding hasil menambang sendiri, namun kemungkinan Anda mendapat penghasilan tetap akan lebih baik.
    • Saat bergabung ke pertambangan, pastikan dompet Anda terhubung ke akun, sehingga Anda bisa mengambil hasil penambangan.
  3. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 8

    3.Buatlah worker di pertambangan. Pertambangan menggunakan sistem worker atau pekerja. Worker yang ada di bawah nama Anda melambangkan proses penambangan pada perangkat Anda. Proses pembuatan worker berbeda-beda, tergantung pertambangan yang Anda ikuti.
    • Banyak pertambangan akan membuat worker saat Anda mendaftar, dengan nama "username_1" or "username.1".
    • Kebanyakan pemula tidak memerlukan lebih dari satu worker. Jika Anda memiliki lebih dari satu mesin penambang, Anda bisa membuat worker tambahan. Umumnya, setiap worker terkait dengan satu mesin penambang, untuk melacak efisiensi mesin.
  4. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 9

    4.Unduh program penambang. Ada beberapa program penambang mata uang kripto yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan:
    • cgminer - Program serbaguna ini awalnya dirancang untuk Bitcoin, namun bisa dipakai untuk menambang Scrypt hingga versi 3.7.2. Unduh versi lama cgminer di tautan berikut.
    • cudaMiner - Program penambang ini dirancang untuk kartu grafis nVidia. Unduh cudaMiner di tautan ini.
    • cpuminer - Program ini dirancang untuk menambang lewat CPU. Meskipun menambang lewat CPU sangat tidak efisien, namun bagi beberapa pengguna, opsi ini adalah opsi satu-satunya untuk menambang. Unduh cpuminer di tautan ini.
  5. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 10

    5.Atur program penambang Anda. Proses pengaturan akan berbeda-beda, tergantung programnya. Di bawah ini adalah panduan untuk mengatur cgminer di Windows. Anda harus mengetahui detail koneksi pertambangan Anda, seperti stratum (alamat), nomor port, dan informasi worker. Pertambangan Anda seharusnya menyediakan informasi pengaturan tersebut.[5]
    • Ekstrak cgminer ke direktori yang mudah diakses, seperti as C:\cgminer.
    • Tekan Win+R dan masukkan cmd untuk membuka baris perintah. Masuklah ke direktori cgminer.
    • Masukkan perintah cgminer.exe -n untuk memindai kartu grafis.
    • Bukalah Notepad, lalu masukkan perintah berikut. Gantilah isian dengan informasi dari pertambangan Anda: start "c:\cgminer" --scrypt -o STRATUM:PORT -u WORKER -p PASSWORD
    • Klik "File" → "Save As", lalu simpan sebagai berkas .bat.

3
Menambang

  1. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 11

    1.Klik ganda berkas .bat untuk mulai menambang. Setelah program penambang diatur dan terhubung ke pertambangan, Anda bisa memulai proses penambangan. Jendela baris perintah akan menampilkan hasil pertambangan, seperti kecepatan dan berapa banyak hasil yang sudah Anda tambang. Beberapa program penambang juga akan menampilkan nilai pasar dan informasi pertambangan.
    • Hindari menjalankan program lain di komputer saat sedang menambang. Program yang Anda jalankan di komputer selain program penambang akan mengurangi efisiensi penambang, yang pada akhirnya akan mengurangi keuntungan Anda.
  2. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 12

    2.Pantau sistem Anda. Menambang Litecoin sangat membebani perangkat keras, sehingga Anda perlu memantau suhu perangkat agar perangkat tidak terlalu panas dan rusak.
    • Anda dianjurkan untuk mematikan perangkat beberapa hari/minggu sekali. Menambang 24 jam memang lebih menguntungkan, namun perangkat keras Anda pun akan lebih cepat rusak.
  3. Gambar berjudul Mine Litecoins Step 13
    3.Periksa keuntungan. Saat Anda menambang, periksa rekening listrik dan biaya perangkat keras, dan bandingkan dengan koin yang Anda dapatkan dari hasil menambang. Jika Anda merugi, Anda mungkin ingin menjual perangkat tambang untuk mengurangi kerugian.
    • Gunakan program pemeriksa keuntungan seperti CoinWarz (coinwarz.com) untuk memeriksa laporan profitabilitas. Lihatlah rekening listrik Anda untuk menemukan informasi harga per kWh dan jumlah listrik yang Anda gunakan tiap bulannya.
    • Jika Anda telah memiliki perangkat keras yang memadai dan ingin menjadi kaya, cobalah meninggalkan pertambangan dan menambang sendiri. Langkah ini hanya layak dipertimbangkan jika Anda sudah berpengalaman menambang di pertambangan, mengetahui pasaran Litecoin, dan memiliki perangkat keras penambang yang baik (idealnya, berupa tumpukan penambang ASIC di lingkungan yang suhunya terkontrol). Pastikan Anda menghitung keuntungan untuk memastikan bahwa keputusan Anda menambang sendiri tidak merugikan.

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ikut sharing ya, lumayan dapetnya dari perhari maupun perbulan
    Menambang Bitcoin pake yang ini saja, silakan dicoba
    https://brain-impulse.com/?ref=50mCkN
    https://brmine.net?ref=eko212
    https://millhash.com/Welcome/Partner/21154
    https://moonbit.co.in/?ref=74f383c8b0e8
    https://www.cryptomining.farm/signup?referrer=58C291C561526

    ReplyDelete

terima kasih telah berkunjung, untuk informasi bisa hubungi saya, nomor handphone: 085641782225 / 0823000063063
whats app: +6285641782225

grup FACEBOOK: https://www.facebook.com/groups/840343149403452/?fref=ts