Tuesday, September 25, 2018

The B Foundation Resmi Berdiri, Tambah Satu Yayasan Bitcoin




The B Foundation resmi didirikan pada 23 September lalu. The B Foundation ini adalah salah satu yayasan bitcoin baru di luar sistem Bitcoin. Wilayah kerjanya lebih spesifik dalam hal penggalangan amal dan komersial.

Pada konferensi Bitcoin bertajuk “Baltic Honeybadger 2018” bertempat di Riga, ibukota Latvia , sekaligus untuk meresmikan The B Foundation. Di event yang berlangsung mulai 22-23 September lalu itu bertambah satu lagi yayasan bitcoin yang bernama The B Foundation.


Beberapa person yang berada di belakang yayasan bitcoin baru The B Foundation tersebut adalah, Jameson Lopp, Elizabeth Stark, Adam Back, Pavol Rusnak, Alena Vranova, Whale Panda, Alex Petrov, Francis Pouliot, dan juga Giacomo Zucco.


Pendiri Satoshi Labs, Alena Vranova yang juga di dalam The B Foundation memberikan keterangan pada event tersebut, bahwa fokus utama yayasan baru itu untuk menggalang sumbangan untuk amal maupun komersial.
Menurut Alena Vranova dalam rilis transkrip B Foundation, menyebut yayasan baru itu akan berkantor pusat di Liechtenstein, sebuah negara yang beribu kota di Vadus, pegunungan Alpen. Alasannya, karena di negara Liechtenstein tersebut cukup memberikan dukungan untuk bitcoin.
Selain itu, struktur B Foundation dibentuk dengan dewan dn tim eksekutif yang terdiri dari direktur, asisten eksekutif dan yang lainnya. Dalam pernyataan tertulisnya itu, Alena menyebut bahwa dewan di B Foundation tidak akan mendapat bayaran.
Tentang pendirian B Foundation itu, Alena menerangkan bagaimana mewujudkan sebuah upaya untuk bisa lebih efektif secara terpusat. Alena melihat bagaimana yayasan Ethereum bekerja dengan departemen pemasaran hingga promosi yang dianggap cukup efektif dalam jangka waktu yang pendek.

Ada Dua Yayasan Bitcoin

Pada Bulan September tahun 2012 lalu, Bitcoin Foundation telah berdiri. Saat ini Direktur Eksekutif di Bitcoin Foundation dipegang oleh Liew Claasen setelah menggantikan Bruce Fenton pada bulan Juli tahun 2016, dua tahun lalu.
Pada saat pendirian lembaga non profit Bitcoin Foundation saat itu, dilakukan atas itikad untuk mengembalikan reputasi bitcoin yang saat itu cukup sering mendapat predikat buruk di mata masyarakat.
Beberapa skandal yang dianggap telah membawa citra buruk untuk Bitcoin seperti transaksi Bitcoin yang terlibat dengan Silk Road. Beberapa hal lain, seperti hacker, dan hal lainnya.

Atas dasar itu, pendirian Bitcoin Foundation adalah gagasan masing-masing individu untuk mengorganisir diri dan membentuk yayasan tersebut. Hal yang perlu dipahami tentang yayasan bitcoin itu, adalah berada di luar sistem bitcoin.
Dengan berdirinya The B Foundation, beberapa hari lalu, artinya saat ini komunitas bitcoin mempunyai dua yayasan yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung, untuk informasi bisa hubungi saya, nomor handphone: 085641782225 / 0823000063063
whats app: +6285641782225

grup FACEBOOK: https://www.facebook.com/groups/840343149403452/?fref=ts